Situs Matematika Ajaib Salman Khan


Anda pasti mengenal Salman Khan.

Ya, dia aktor terkenal film Bolllywood. Penggemar film India pastilah mengenalnya.

Salman Khan yang satu ini bukan aktor film India. Ia seorang guru matematika. Guru amatiran yang dalam sekejab melangit dan mendapat gelar sebagai “guru dunia”.

Sepuluh tahun lalu Khan meluncurkan video pertamanya mengajar matematika di Youtube. Video tutorial itu sebenarnya dibuat untuk keponakannya di SD yang kesulitan belajar matematika. Ternyata video itu viral dan menjadikan namanya setenar Salman Khan si bintang Bollywood. Situs tutorial onlinenya, khanacademy,org, melesat dalam sekejab. Tokoh sekaliber Bill Gates memuji-mujinya. Majalah Forbes pernah menobatkannya sebagai tokoh yang paling berpengaruh dalam teknologi pendidikan. (Baca juga Salman Khan: Revolusi Pendidikan dari Toilet).

Khanacademy memang situs pendidikan online yang luar biasa. Jutaan anak dan orang dewasa belajar melalui situs ini. Lebih dari 580 juta pelajaran telah disebarkan oleh situs ini. Tiap hari lebih dari empat juta latihan diselesaikan oleh pengguna situs ini. Tidak kurang 1 juta guru matematika tercatat menjadi penggunanya.

pendidikanalternatif-13

Situs ini pada awalnya didedikasikan untuk tutorial matematika. Akan tetapi saat ini sudah melebar ke pelajaran lain, seperti fisika, biologi, ilmu komputer, sampai sejarah seni.

Potensi bisnis situs ini sangat menggiurkan. Ada yang menyebutnya sampai 1 triliun dollar AS. Akan tetapi Khan memilih mempertahankan Khan Academy sebagai institutsi nonprofit. Situs ini bebas iklan dan 100% gratis sesuai misi mulianya: menyediakan pendidikan gratis berkelas dunia bagi siapa saja, di mana saja.

Apa yang dilakukan Khan tidak terlepas dari kritik. Oleh sejumlah pengritik pembelajaran yang ditawarkannya tidak kreatif dan lebih menekankan aspek pentubian (drilling). Akan tetapi dengan cara ini Khan mampu menjungkirbalikkan berbagai keyakinan dan konsep pendidikan yang berlaku sampai saat ini. Cara mengajar guru dengan menjelaskan di depan kelas, menurut dia, kuno.

Dengan video-video sederhana yang ia tawarkan ia menyarankan supaya di kelas, guru tidak perlu lagi menjelaskan tetapi justru membantu anak-anak mengerjakan “PR” masing-masing. Penjelasan bisa diperoleh di rumah atau di tempat lain dengan menonton videonya di YouTube. Begitu juga dengan cara menilai. Nilai enam atau tujuh, dalam pandangan Khan, tidak punya anak. Seorang anak harus tuntas belajar, paham semuanya, sebelum beranjak ke tingkatan yang lebih tinggi.

Melalui video-video Youtube, pembelajaran (matematika) dipersonalisasi. Anak bisa belajar dengan kecepatan masing-masing. Pada bagian tertentu, seorang anak harus berulang-ulang tetapi anak lain bisa melaluinya dengan cepat. Tidak ada anak yang tidak bisa belajar matematika.

Jangan ketinggalan!!!

Beberapa sekolah dan murid sekolah papan atas di Indonesia sudah menggunakan situs ini. Hebatnya, sebagian besar videonya sudah dilengkapi dengan teks terjemahan dalam bahasa Indonesia dengan sistem penerjemahan otomatis. Dengan khanacademy, murid atau anak Anda belajar matematika bonusnya pintar bahasa Inggris.

Jadi tidak perlu repot-repot les kalau hanya ingin anak Anda hebat matematika sampai tingkat kalkulus. Guru tak usah lagi takut muridnya gagal UN. Tidak perlu lagi memberikan bocoran soal pada anak-anak supaya lulus ujian. Kemendikbud tidak perlu lagi buat pelatihan-pelatihan atau ujikompetensi guru matematika. Betapa banyak anggaran negara yang bisa dihemat.

Sekalipun bukan obat mujarab buat semua penyakit, cobalah belajar bersama Khan Academy.

Penulis: P Bambang Wisudo
Sumber: Sekolah Tanpa Batas

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *